Rabu, 30 Maret 2011

Superman Is Dead, Pee Wee Gaskin, dan Bondan Prakoso & Fade 2 Black. Band Indonesia Yang Berhasil Menembus Billboard

Satu persatu band Tanah Air menginvasi Billboard Uncharted. Setelah Superman Is Dead dan Pee Wee Gaskins yang lebih dulu masuk. Kini giliran Bondan Prakoso & Fade 2 Black turut meramaikan chart tersebut.

Superman Is Dead, Band Indonesia Pertama Yang Sukses Menembus Billboard!

 

Band punk rock asal Bali, Superman Is Dead mencetak rekor membanggakan dalam sejarah perkembangan musik populer di Indonesia sebagai band pertama yang berhasil menembus chart paling berpengaruh di dunia, Billboard.

Secara tak terduga, Superman Is Dead berhasil menembus posisi #23 di Billboard Uncharted, sebuah chart yang baru saja diluncurkan untuk pertama kalinya oleh Billboard pada 20 Januari lalu di Billboard.com.

“Di posisi No.23, band punk Bali Superman Is Dead berhasil menembus chart Billboard untuk pertama kalinya sejak terbentuk 15 tahun yang lalu. Band ini teken kontrak dengan Sony Indonesia di tahun 2003 dan hingga kini memiliki basis massa penggemar lebih dari 1,6 juta fans dari seluruh dunia di Facebook,” demikian dikutip dari rilis pers Billboard yang diterima Rolling Stone.

Seperti dijelaskan oleh Billboard, chart baru bernama Billboard Uncharted ini menggunakan teknologi pemeringkat bernama Heat Score, sebuah formula online yang mengekspos musik yang diputar via online streaming, page views dan jumlah fans yang ada menurut MySpace Music dan sumber-sumber lainnya yang berhasil dihimpun di antaranya via YouTube, Facebook, Twitter, Last.fm, ReverbNation, SoundCloud, iLike dan Wikipedia.

Billboard Uncharted akan menampilkan 50 artis dari berbagai genre musik (seperti Country, Rock, R&B/Hip-Hop, Latin, dsb.) yang harus terdaftar lebih dulu sebelumnya di MySpace Music dan belum pernah masuk sebelumnya ke dalam chart Billboard apapun agar memenuhi kualifikasi yang telah ditentukan. Pada berita yang sama sebelumnya, sempat ditulis bahwa Superman Is Dead merupakan artis Indonesia pertama yang berhasil menembus chart Billboard, yang benar mereka adalah band Indonesia pertama yang berhasil menembus Billboard Unchartered.
Anggun adalah artis keturunan Indonesia pertama yang berhasil mencapai posisi No.22 di Billboard Hot Adult Top 40 Tracks untuk lagu "Snow On Sahara" pada 5 September 1998 dan posisi No.16 di Billboard Hot Dance Club Play pada 22 Desember 1998 untuk lagu yang sama.

Setelah Itu Giliran Pee Wee Gaskins
 Pee Wee Gaskins, band pop punk Jakarta, baru saja menembus tangga lagu Billboard Uncharted, sebuah chart baru yang diluncurkan Billboard pada Januari lalu. Pee Wee Gaskins menempati posisi #42 dan menjadi band Indonesia kedua setelah Superman is Dead yang berhasil menembus tangga lagu ini. Superman is Dead sendiri menempati posisi #26 beberapa waktu lalu.

Seperti dijelaskan oleh Billboard, chart baru bernama Billboard Uncharted ini menggunakan teknologi bernama Heat Score, sebuah formula online pengekspos musik yang diputar via online streaming, page views, dan jumlah penggemar yang ada menurut MySpace Music dan sumber-sumber lainnya yang berhasil dihimpun oleh pihak Billboard. Sumber-sumber yang dimaksud antara lain adalah YouTube, Facebook, Twitter, Last.fm, ReverbNation, SoundCloud, iLike, dan Wikipedia.

Ketika diwawancara via telepon, frontman Alditsa Sadega yang biasa dikenal dengan nama Dochi, mengaku bahwa dirinya merasa sangat terkejut ketika menerima email dari pihak Billboard mengenai kesuksesan Pee Wee Gaskins dalam menembus Billboard Uncharted.

“Gue seneng banget, apalagi sebelumnya Superman Is Dead juga sudah masuk ke chart ini,” ujar Dochi. “Awalnya, kami semua nggak percaya sama email ini. Gue sempet bales email-nya dengan tulisan, ‘Is this email true? Is it official? Are we really on Billboard?’ Lalu mereka balas singkat, ‘Yes, this is official from Billboard, so it’s international.’”

Mengenai hal apa yang dapat merangsang kesuksesan band pengusung musik power pop ini di Billboard Uncharted, Dochi menjawab, “Selain karena support para Party Dorks (sebutan untuk penggemar Pee Wee Gaskins), kami bisa masuk Billboard Uncharted juga karena rasa penasaran orang-orang tentang apa Pee Wee Gaskins itu. Bagus atau tidak? Mau suka apa benci? Mereka-mereka yang sedang memilih bagaimana harus bersikap juga membantu statistik kami sampai kami bisa masuk ke chart itu.”

Menurut Dochi, ada satu hal lagi yang membuat Pee Wee Gaskins semakin gembira, yaitu sebuah fakta bahwa mereka berada di satu chart yang sama dengan band favorit mereka, Enter Shikari. Ajaibnya, posisi Enter Shikari berada di #44, atau dua peringkat di bawah Pee Wee Gaskins.

Dan Kini Giliran Bondan Prakoso dan Fade2Black Bertengger di Billboard Uncharted
Setelah Superman is Dead satu bulan lalu dan Pee Wee Gaskins satu minggu lalu, kini giliran Bondan Prakoso & Fade2Black yang memasuki ranah Billboard Uncharted.

Bondan Prakoso & Fade2Black menempati posisi 44 ketika pertama kali masuk ke tangga lagu ini, tapi pada minggu kedua posisi mereka naik 13 peringkat ke 31, tepat di atas komposer terkenal asal Prancis, Yann Tiersen. Sedangkan Superman is Dead dan Pee Wee Gaskins kini bertengger di posisi 36 dan 44.

Ketika diwawancarai oleh Rolling Stone Indonesia via telepon, Bondan Prakoso menjelaskan bahwa dia baru mengetahui kabar ini tiga hari yang lalu dan spontan terkejut dengan prestasi ini. Bondan juga mengaku dirinya tidak tahu menahu bahwa Superman is Dead dan Pee Wee Gaskins sudah lebih dulu berada di chart bertaraf internasional ini.

Bondan menjelaskan, “Dari awal kami muncul, kami selalu dipandang sebelah mata oleh industri musik mainstream Indonesia. Tapi kami tidak peduli, asal kami bisa berkreasi dengan jujur. Kami juga tidak pernah terpengaruh oleh tren. Makanya gue kaget sekali saat menerima kabar ini. Kami bisa masuk ke chart ini juga karena penggemar yang terus membuka situs atau laman kami di beberapa media sosial. Kami dari dulu sadar kalau peran penggemar itu sangat besar, maka kami selalu mencoba berinteraksi dengan mereka.”

“Di era industri musik yang seperti ini, kami sadar kalau kontribusi penggemar yang loyal itu sangat penting. Kami memanfaatkan dunia maya sebagai alat untuk me-maintain hubungan kami dengan penggemar. Komunikasi langsung sering kami lakukan dengan para penggemar melalui akun Facebook dan Twitter kami. Ada dua personel dari Bondan Prakoso & Fade2Black yang langsung mengelola akun kami di Facebook dan Twitter,” jawab Bondan ketika ditanya apakah ada perlakuan istimewa dari pihak Bondan Prakoso & Fade2Black untuk para Rezpector (sebutan untuk penggemar Bondan Prakoso & Fade2Black) sehingga band ini bisa meraih prestasi yang tinggi.

Mengenai aftermath dari masuknya Bondan Prakoso & Fade2Black ke Billboard Uncharted, Bondan menjawab, “Kami akan lebih semangat. Sama seperti penghargaan-penghargaan yang telah kami terima, ini akan menjadi pemacu semangat dalam berkarya. Ini semakin membuktikan bahwa tidak harus main musik mainstream untuk bisa survive. Kejujuran dalam berkarya itu lebih penting dan lebih berarti daripada hanya mengikuti tren saja.”

Semoga Makin Banyak Band Yang Mengharumkan Nama Indonesia Diajang Billboard!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar